peta situs

Selasa, 31 Januari 2023

HANDPHONE MY DAER LOSE IN CLSSROOM






           kata pengatar         

Puji Syukur Panjatkan Kehadrirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas berkat dan bertolongan-Nya, penulis                                                                membuat rinkasan ini, dengan baik.

               Kenyataan hidup berbicara kepada setip sudutb pandang konteks yang kita jalani hari demi hari. Maka penulis sebagi pelajar di sekolah Menengah Atas yang jeli melihat bahwa ada masalah handphone (HP) hilang di ruang kelas sehingga penulis meringkas bahwa handphone  hilang di kelas ini suatu realitas yang ada di depan mata kita. Ini ada menyikapi langsung. maka penulis akan meringkas dengan sudut pandang kehilangan handphone di ruang kelas di tengah siswa-siswi yang di lingkungan kita SMANSA.                 

 Jika kita menginkan sekolah dengan baik, mulai dari Anda, saya dan mereka! kita sekolah, karena demi masa depan kita bersama.                                                                                                                                                                                                                                            

 Tak lupa ucapan terima kasih kepada kakak yang selalu mendampingiku, dan juga wali kelas dan teman-temanku  yang tercinta.                                                                                                                               

penulis sebagai makhluk  manusia biasa siap terima koreksi, masukan,  saran itu menjadi pembelajaran, motivasi yang sangat mendorong penulis lebih kiat belajar lagi.

Terima kasih.

                                                                                                                                                                

 

                                                                                                                                                                  Jayapura,  20 Mei 2022

                                                                                                                Penulis:  Waniel Weth

Daftar Isi

Kata Pengantar ..…………………………………………………………………  i 

Daftar Isi ……………………………………………………………………… ..    ii

Judul ……………………………………………………………………………...  1

Latar Belakang ……………………………………………………………… …..   1

Tujuan …………………………………………………………………….............   2

A.                         Kenakalan Remaja  ...………………………………………………….............  2

B.                    Aspek Ketidaktahuan………………………………………………………… 2   

C.                    Takut Sekali Lapor Ke Kakak  ................................................................................... 3

D.                   Solusi  ………………………………………………………………………..  3- 4

E.                     Penutup   ……………………………………………………………… .. …..  4-5

 

 

 

 

 

 

 

 

KEHILANGAN HANDPHONE  DIRUANGAN  KELAS

Latar Belakang

Masalah pencurian Hanphone  (HP) dilingkungan kelas (classroom loset handphno)  di Sekolah SMA Negeri 1 Jayapura -PapuaTahun 2022.  Khususnya kelas  X  IPS 2  antarasiswa kelas x  lain yang datang makan,  minum dan smoking,  yang meraka itu ambil handhone ini,    seperti judul "kehilang Hanphone diruangan  kelas" yang diletakan pada sebuah meja bangku penulis yang ditinggalkan dibelakang ruangan kelas,  penulis yang   punya Handphone  lagi mencatat di depan ruang kelas sekitar pukul 10:20 WIT,  penulis tidak lihat teman kelas yang bersangkutan ambil Handphone di meja  bangku tulis. sangsi mata pun tidak ada, ketahuan juga tidak ada sama sekali, curiga sama demikian. karena teman-teman kelas permain dilapangan halaman lingkungan sekolah,  hanya  yang ada dikelas sekitar 10 teman-teman mereka juga focus belajar,  gemas online,  dan permain Tiktok,  penulis again focus  pada catat  tidak pikir untuk Handphone disana, setelah penulis  selesai catat  mapel  Ppkn  Bab 7  tentang "Wawasan  Nusantara Dalam Konteks Negara Kesatuan Republk Indonesia." walk see save  hanphone  a table  not  there is, Handphone it is table  and  notebook "  jalan lihat  sebuah meja  dimana daruh Handhpone  dan buku catat  hanya yang ada buku catat."  Buku pelajaran Handphone tidak ada. Berhenti nafas 2 detik,  buka mata lihat kiri kanan sambil berpikir HP kesayang.  Karena memang dikulit HP gambar cenderawsih dan wajahnya  di bagus  dilihat 0leh orang lain.   Hello teman-teman Handhoneku  hilang siapakah yang datang pencuri Handphoneku,  ada beberapa teman-teman yang merespont dengan semyum,  ada juga  yang berkata "aduh kenapa Handphone-Mu  hilang?"  Yang  ambil Handpphone  tidak kelihatan di kelas  X  IPS  2. Yang teman bersangkutan ambil/pencuri Handphone adalah  hidup  dengan hasil pencuri untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka dan tidak rasa memiliki dengan  mencitai teman-teman lain. Tidak mengargai  hak punya harta teman sekelasnya.

 

 

Tujuan

1.                          Remaja yang bisa mendengar dengan baik

2.                          Mencintai seluruh kehidupan manusia dengan secara kritis

3.                          Menghormati guru dan teman-teman

4.                          Patut Segala Kasih dan Tagwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

5.                          Hak dan kewaji               ban yang punya harta kebutuhan  sehari-hari

6.                          pencuri Handphone  menjadi pelajaran secara pribadi

A.                      Kenakalan Remaja

                   Remaja adalah mencoba segala sesuatu dengan keingin  akal yang akan  ia miliki lakukan dengan hekendak ciri fisik dan emosional dikuasai oleh seorang remaja. Remaja sebagai masa transisisi  perubahan atau peralihan dari anak-anak ke dewasa yang meliputi perubahan  biologis, perubahan psiologis, dan perubahan sosial. kenakalan Remaja merupakan semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma dalam masyarakat pelangggaran stastus , maupun pelanggaran terharap hukuman pidana. sebagai orang tua harus tahu masalah yang umum terjadi pada remaja seperti gangguan makan,  stress  dan depresi, masalah fisik atau penampilan, Bullying and Cyberbullying, kecanduan Gawai, merokok, minuman keras dan obat terlarang,  dan obesitas lainnya.  

            Kita dibandingkan dengan kenakalan Remaja Jaman sekarang

                      Kenakalan Remaja Jaman Sekarang adalah semua remaja yang terpenagaruh dengan perkembangan teknologi industry 4.0,  pada  khususnya remaja papua semkin tidak lama  sudah tambil di media social baik melalui Tiktok, Instagram,  You Tube, Fecebook,  dan WhatsApp lainnya.

 

 

B.                       Aspek Ketidaktahuan

                   Anak yang  telah pencuri handphone adalah tidak tahu tentang zaman reformasi demi era globalisai  4.0 yang mana orang  mau mengases/ mengkerjakan sesuatu harus lihat ke handphone androoidnya untuk melengkapi kebutuhan setaip orang,  yang akan rmenentukan dengan new  information   about  in Whatsapp, Email,  Telegram, Istegram, and Fecebook dan juga Google World/ So Education World. Untuk melengkapi kebutuhan seseorang dan secara khusus anak-anak sekolah,  setiap guru-guru berikan tugas kepada muridnya untuk menguji cobalah,  muruid  tersebut   hanya diharapakan pada Google/You Tube  untuk kerja tugas tersebut. Dengan  itu,  penulis sebagai pelajar begitu handphone hilang susah kerja tugas dan ada beberapa tugas tidak kerja. 

C.                       Takut Sekali Lapor Ke Kakak

                  Setelah handphone hilang di sekolah/ruang kelas,  penulis pulang ke rumah dengan takut sama kakakku yang selalu mendampingi  setiap waktu/hari.   kakak handphone hilang dari sekolah tetapi ade pulang ini,  iya adik…. yang hanya lebih susah Niel sendiri, bagaimana merespont  wali  kelas sama teman-temanmu  di sekolah. Tidak ada  respon dari mereka. Kakaku begitu dengar langsung chat di Grup kelas untuk cara bagaimana dari wali kelas dan gteman-teman untuk mencari handphone besoknya tetapi tidak menemukan maka, wali kelas ada pendapat bahwa kita kumpul uang untuk waniel beli baru. Kebetulan wali kelas dan teman-temanku mereka kumpulkan uang sebanyak RP 250.000,  untuk beli handphone baru. Puji Tuhan wali kelasku dan  teman-temanKu baik sekali sehingga waniel beli handphone  (HP)  pegas untuk lihat informasi.  

D.     Secara Pribadi Kehilangan Akal  

                     Pada saat handphone hilang /pencuri, penulis butuh informasi dari Grup kelas sekolah,  banyak bergabung di organisasi, bimbingan Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kota (OSN-K)  Informatika  Komputer Tahun 2022,  Kursus bahasa inggris, informasi dari organisasi sekolah, diluar sekolah, dan aplikasi Ruangguru. Penulis sendiri rasahnya ketinggalan jaman dan berubah menjadi seorang pelajar "awam" susah mengasesE informasi/ susah beraktivitas dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah.     

               

E.     Solulisi

1.                          Pinjamkan handphone  kakanya  untuk lihat informasi dari sekolah

2.                          Sumbangkan dar teman-teman sekelas dan wali kelas  Rp 250.000,00 untuk beli handphone baru

3.                          Mendekati teman untuk kerja tugas online yang akan kirim  ke guru-guru mapel melalui email, classroom,  dan whatsapp.

4.                          Berusaha tabungkan uang  100-200 ribu, untuk beli handphone  baru  di tahun 2003.

F.                        Penutup

a.  Kesimpulan

  Inilah sebagai pelajaran/pengalaman untuk ke depan akan diceritakan/Shareng ke siapa saja.  Dilingkungan kehidupan tempat tinggalku,  jangan pernah memikirkan harta orang lain tapi kita harus belajar dari mereka yang mempunyai kekayaan mereka, secara terbuka meminta sesuatu tidak boleh melakukan dengan keinginan yang terjadi pada saat itu,  "harus sadar diri"  untuk supaya kita lakukan dengan dampak positif.

b. Saran

1.        Kemanapun harus pegang handphone karena dengan handphone akan membantu kita lihat informasi/ bisa komunikasi ke teman siapa saja, Jangan tinggalkan handphone pasti orang lain bisa ambil/pencuri secara tidak sadar, yang sama  seperti judul ringkasan

Sebagai siswa harus mengerti dan saling menghargai/mencintai antarateman. supaya teman  punya handphone untuk membantu aktivitas sehari-hari

2.              Sebagai Siswa Patut/bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

3.              Jangan mencuri teman-teman punya harta seperti  handphone, alat tulis,  buku catatan,  dan buku pelajaran,  walaupun sudah kebiasaan ambil orang lain punya  harta/barang. 

4.        Kita sebagai siswa-siswi  wajib melakukan setiap saat,  yaitu Sopan, Santun, Sapa, Senyum, dan Salam (5S). Yang paling penting adalahr Rasa Soledaritas  antara teman, guru  maupun orangtua.  

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Menikmati Dana Otsus Papua Diam, Sedangkan yang Belum Mendapatkan Dana Otsus Papua yang Berteriak Minta Merdeka

 “Yang Menikmati Dana Otsus Papua Diam, Sedangkan yang Belum Mendapatkan Dana Otsus Papua yang Berteriak Minta Merdeka” Oleh, Waniel Weth ma...